Senin, 02 Maret 2015

manfaat buah sawo

Manfaat Buah Sawo - Buah Sawo adalah buah yang berbentuk bulat seperti kentang namun memiliki bulat yang lebih sempurna. Sawo awalnya berasal dari Amerika Tengah. Sejak perkembangannya, sawo mulai  masuk ke negara-negara lain dan akhirnya masuk dan dibudidayakan di Indonesia. Keberadaannya pun sudah sejak lama di Indonesia. Buah sawo memiliki warna coklat dan dagingnya berwarna putih namun akan berubah menjadi coklat jika sudah matang, dan memiliki biji hitam seperti biji sirsak. Tanaman ini dapat hidup baik pada ketinggian 1200 m dari permukaan laut. Di Indonesia sendiri, tanaman ini banyak ditemukan di daerah Jawa dan Madura. Tanaman sawo secara umum dapat digolongkan menjadi 2 jenis.
Manfaat Buah Sawo Berdasarkan Kandungan Gizinya
Beberapa buah  sawo menurut jenisnya
  • Tanaman sawo liar
*Sawo kecik
*Sawo tanjung
  • Tanaman sawo budidaya
    *Sawo manilas
    *Sawo apel
Buah Sawo memiliki rasa yang manis ketika sudah matang. Pohonnya pun juga dapat tumbuh selama puluhan tahun dan akan tumbuh menjadi sangat besar dan rindang. Pohon sawo dewasa dapat tumbuh hingga puluhan meter tingginya bahkan dapat mencapai 40m. Buah sawo adalah buah yang memiliki banyak kandungan nutrisi didalamnya. Berikut ini adalah nutrisi yang terkandung dalam buah sawo
Beberapa kandungan mineral per 100g buah sawo
Vitamin C :   14,7 mg
Kalsium :   21 mg
Fosfor :   12 mg
Seng :   0,1 mg
Magnesium :   12 mg
Tembaga :   0,09 mg
Selenium :   0,6 mg
Karbohidrat :   19,9 g
Serat diet :   5,3 g
Besi :   0,80 mg
Kalium :   193 mg
Protein :   0,44 g
Energi :   83 Kcal
Sodium :   12 mg
Zinc :   0.10 mg
kandungan gizi buah sawo yang sangat bermanfaat
  • Vitamin C : Meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan sebagai antioksidan yang mampu mencegah bakteri jahat yang dapat menimbulkan terjadinya penyakit.
  • Kalsium, Fosfor dan  Magnesium : Memperkuat tulang, membantu dalam pembentukan tulang dan gigi dan mencegah terjadinya osteoporosis serta membantu menjalankan fungsi otot dan saraf
  • Seng : Berfungsi dalam mekanisme pernafasan, menjaga kesehatan kulit dan membantu dalam penyembuhan luka
  • Karbohidrat  : Sebagai penambah energi pada tubuh
  • Protein : Membantu memecah nutrisi  untuk menjadi energi, sebagai struktur bangunan dalam tubuh, dan menghancurkan  racun.
Buah sawo juga dapat mengobati mencret. Daunnya juga dapat digunakan untuk mengatasi radang mulut. Bagi penderita diabetes, buah ini tidak dianjurkan untuk dikonsumsi karena kandungan kadar gula yang terdapat pada sawo sangat tinggi. Selain manfaat buah sawo bagus untuk kebutuhan nutrisi, sawo ini getahnya juga dapat dimanfaatkan sebagai bahan pembuat permen karet. Kayunya yang bagus digunakan sebagai alat bahan baku perabot rumah tangga. Selain itu manfaat sawo juga dibudidayakan sebagai tanaman apotik hidup. Selain itu tanaman sawo juga dapat berfungsi sebagai penghijauan di ladang-ladang tandus. Karena daunya yang rimbun dapat menyerap lebih banyak air, sehingga dapat mencegah terjadinya banjir. Dan pohon sawo ini memberikan efek yang sejuk di siang hari, karena banyak menyerap oksigen.
Bila ingin mendapatkan manfaat buah sawo, tak ada salahnya mencoba membudidayakannya sendiri. Buah Sawo dapat dibudidayakan melalui media pot atau kebun. Tanaman sawo mudah beradaptasi dengan lingkungan. Hal ini mempermudah proses pembudidayaan sawo. Di negara Indonesia sendiri tanaman ini dapat tumbuh dengan baik. Untuk budidayanya sendiri sebaiknya ditanam dari hasil pencangkokan atau pembelian bibit yang sudah menjadi pohon. Karena penanaman dengan menggunakan biji akan memerlukan waktu yang lama untuk tumbuh menjadi pohon.

sumber : http://www.tipsmanfaat.com/manfaat-buah-sawo-berdasarkan-kandungan-gizinya/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar